MANGGALA Cattery

Manggala Cattery is CFA, FIFe/ICA and TICA registered

Cat Article

Pertanyaan yang sering diajukan

Posted on March 27, 2014 at 2:55 PM


Q (Question) : Mas Andrie salam kenal. Mau tanya2 soal kucing persia exotic. biaya adoptnya berapa ya mas ?

A (Answer) : Salam kenal juga mbak, untuk biaya adoptnya sebetulnya tidak pasti, tergantung kualitas dan jenis kelaminnya mbak. Setiap cattery memiliki range biaya berbeda-beda walaupun menurut kita kualitasnya mirip-mirip saja. Hal itu disebabkan antara lain kualitas indukannya, nama besar catterynya, lokasi cattery, dan tentu saja kualitas kucing yang akan dibeli itu sendiri. Sebagai perkiraan, setahu saya untuk non ped antara 4-7 jt. Ped kualitas breed antara 7-15 jt, kualitas show di atas 15 jt, ada juga yang menambahkan kategori kualitas top show biasanya di atas 40 jt. Untuk non ped ada dua penyebab yaitu dikarenakan indukannya bukan ped atau kedua indukannya ped tapi kualitas anakannya tidak memenuhi standar breed sehingga oleh beberapa cattery dilepas sebagai non ped. Untuk referensi harga silakan buka di google dengan kata kunci harga kucing ras di Indonesia, berapa harga kucing persia di Indonesia dan mengapa harga kucing ras mahal. Kami juga mempertimbangkan keseriusan, tanggung jawab dan tujuan pemeliharaan kucing oleh calon pembeli

 

Q : Mas apa bedanya antara kualitas pet, kualitas breed dan kualitas show?

A : Kualitas Show adalah kucing yang sudah memenuhi standar rasnya dan tidak memiliki fault yang dapat didiskualifikasi oleh juri dalam show kucing pedigree. Kucing kualitas breed adalah kucing yang kadangkala memiliki sedikit kekurangan sehingga kurang maksimal apabila diikutkan show namun tidak menutup kemungkinan tetap mendapatkan gelar. Kucing kualitas breed walaupun tidak optimal dalam mengikuti show namun memiliki potensi untuk menghasilkan anakan dengan kualitas show. Sedangkan kucing kualitas pet adalah kucing yang memiliki fault sehingga tidak dapat mengikuti show kucing pedigree / didiskualifikasi dan tidak disarankan untuk dibreeding namun tetap memiliki karakter kucing ras sehingga cocok untuk cat lover yang ingin memiliki kucing ras dengan sifat yang sama dengan kucing ras namun tidak ingin mengikuti show. Sebagai catatan, beberapa kucing kami yang kami golongkan sebagai kualitas breed beberapa tetap berprestasi dan meraih gelar bergengsi, contohnya adalah Manggala Shizuka. 


Q : Apa sih yang dimaksud ped dan non ped ? dan apa bedanya ?

A : Ped = Pedigree yaitu kucing yang memiliki sertifikat silsilah yang dikeluarkan oleh organisasi kucing seperti ICA/FIFe dan CFA, kucing-kucing ini memiliki garis keturunan yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan sehingga diakui kemurnian ras-nya. Perbedaannya terletak selain pada ada-tidaknya sertifikat silsilah/pedigree juga pada saat mengikuti cat show. Untuk kucing non ped hanya bisa mengikuti kelas House pet atau apabila memenuhi standar rasnya bisa mengikuti kelas Novice untuk mendapatkan sertifikat Pedigree. Selain itu harga kucing non ped juga lebih murah. Untuk cat lover yang ingin memiliki kucing ras namun tidak ingin mengikuti show, sebaiknya memilih kucing non ped yang lebih murah namun tetap lucu untuk dibelai-belai kok.

 

Q : Kalo beli yang adult itu berapa ya harga kisarannya ?

A : sama saja kok biayanya dengan yang kitten. Kecuali, bila hendak membeli adult yang sudah memiliki gelar misalnya CH, IC atau GC tentu biayanya lebih mahal dikarenakan untuk mengikuti show dan klaim gelar tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

 

Q : Kalo ada program breeding lagi, bisa di DP dulu ga mas ?

A : Kami tidak menjual kucing yang belum kelihatan mbak hehehe.... Nanti kalau sudah umur 1 bulan atau lebih setelah mbak lihat kucingnya baru boleh di DP. Jadi biar mbak puas dan tahu kucingnya yang akan diadop seperti apa.

 

Q : Kapan saya bisa mengambil anak kucingnya mas ?

A : Setelah berumur 3 bulan dan telah vaksin

 

Q : Di Manggala Cattery kami mendapat sertifikat pedigreenya apa mas ?

A : Cattery kami terdaftar di ICA/FIFe dan CFA serta kucing-kucing kami telah memiliki sertifikat ICA/FIFe dan CFA mbak, jadi mbak bisa mendapatkan kedua sertifikat itu.

 

Q : Mas alamatnya Kayumanis Barat itu termasuk Kayumanis berapa ?

A : Lokasi kami dekat dengan Kayumanis 6 mbak, kalau mbak pakai google map mbak bisa langsung cari "manggala cattery". Kalau mbak ingin ke tempat kami tolong kabari kami minimal sehari sebelumnya khawatir kami sedang ada acara di luar dan kami bisa menemui mbak di rumah.

 

Q : Mas jual kucing ya ? Boleh Reseller ?

A : Maaf mbak, kami memang menjual kucing atau kami biasa menyebutnya adopsi. Tapi sesuai kode etik cattery, kami hanya memberikan kucing kepada yang benar-benar calon pemilik kucing tidak melalui perantara atau petshop atau yang semacam itu, karena kami sangat memperhatikan masa depan dan kesejahteraan kucing itu nantinya. Kami juga dapat saja membuat kontrak untuk mencegah adanya perantara yang mencoba membeli kucing kami. Kami juga hanya membeli kucing untuk kami pelihara bukan dengan tujuan untuk dijual kembali atau menjadi perantara calon pembeli kucing.

 

Q : Mas, saya punya kucing non ped, apakah bisa dibuat sertifikatnya ?

A : Untuk dibuat sertifikatnya, kucing non ped harus mengikuti cat show kelas Novice yang diselenggarakan oleh organisasi yang mengeluarkan sertifikat pedigree misalnya ICA atau CFA. Apabila oleh juri yang menilai dinyatakan telah memenuhi standar breed maka kucing mbak dapat didaftarkan sertifikat pedigreenya.

 

Q : Mas, kalo cek pedigreenya gimana caranya ya ?

A : Kalo sertifikat ped CFA tinggal masukkan no ped nya di website CFA.org di halaman "Herman Online". Kalo sertifikat ped ICA/FIFe harus dikonfirmasi ke sekretariat ICA atau email ke ph@indonesian-cat-association.com atau sekretariat_ica@yahoo.com atau sekretariat@indonesian-cat-association.com

 

Q : Untuk ngecek microchipnya gimana mas ?

A : Untuk mengecek microchipnya harus menggunakan microchip scanner, biasanya di klinik hewan atau di catterynya itu juga ada.

 

Q : Mas kalo kucing hamil boleh di vaksin dan digrooming gak ?

A : Kalo kucing hamil tidak disarankan untuk divaksin, dikasih obat cacing atau digrooming mas, khawatir nantinya keguguran.

 

Q : Mas kalo kucing jamuran bisa hilang ga jamurnya kalo digrooming ? atau harus disuntik jamur ?

A : Kalo digroomingnya pake shampoo jamur bisa sembuh kok mas sambil dikasih obat oles untuk jamur. Kalau mau suntik biasanya kalau sudah banyak jamurnya dan daya tahan tubuh kucingnya sudah kurang. Biasanya suntik jamur dan obat jamur yang diminum juga atas rekomendasi dokter karena memiliki efek samping ke hati.

 

Q : Mas terima jasa pacak ga ?

A : Maaf mbak, kami tidak menerima jasa pacak. ;)

Categories: None

826027