MANGGALA Cattery

Manggala Cattery is CFA, FIFe/ICA and TICA registered

Cat Article

CFA, Cat Fanciers Association

Posted on August 15, 2013 at 12:05 PM

Sejarah CFA

 

 Cat Fanciers’ Association adalah sebuah organisasi non-profit yang didirikan pada tahun 1906, setelah memutuskan hubungan dengan American Cat Association. Asosiasi menyelenggarakan show kucing pertama pada tahun 1906, satu show diadakan di Buffalo, New York dan show lain diselenggarakan di Detroit, Michigan. Pertemuan Bisnis Tahunan CFA pertama kali diadakan pada tahun 1907 di Madison Square Garden. Pada tahun 1906, CFA menerbitkan Stud Book (Buku Pejantan) pertama dan Register in the Cat Journal (Pencatatan di Buku Harian Kucing). Pada tahun 1909, Volume I Stud Book diterbitkan dalam bentuk buku. Stud Book dan Register tercatat sebagai penerbitan pertama CFA untuk pembiakan dan garis keturunan/silsilah maka dimulailah tradisi untuk menyediakan pelayanan yang sangat dibutuhkan para penyuka kucing. Pada tanggal 18 September 1919, Anggaran Dasar diajukan di Negara Bagian New York. Pada 1920, CFA sudah berjalan menjadi registrasi terbesar untuk kucing pedigree seperti sekarang ini.

 Tujuan Konstitusi CFA

 Asosiasi akan menjadi sebuah organisasi nirlaba. Sasarannya sebagai berikut: kesejahteraan semua kucing, kemajuan dan peningkatan ras kucing yang diakui CFA, yang mendaftarkan, merekam atau mengidentifikasi dengan nomor atau dengan cara lain nama dan / atau silsilah kucing dan anak kucing, berlakunya aturan untuk pengelolaan show kucing, lisensi show kucing dilaksanakan di bawah peraturan organisasi ini, dan kenaikan minat peternak dan peserta pameran kucing pedigree.

 Kantor Pusat CFA, New Jersey

 Pada tahun 1958, Mrs Jean Rose menjadi registrar (pencatat pendaftaran/registrasi) untuk CFA, bekerja dari rumahnya di New Jersey. Pada saat itu, Mrs Rose menyumbangkan dua kamar besar rumahnya di mana dia melakukan semua urusan CFA. Pada tahun 1965, Mrs Rose mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yaitu menyewa ruang kantor di Red Bank, New Jersey. Empat tahun kemudian, organisasi sudah memiliki fasilitas yang terlalu besar dan akhirnya memindahkan operasinya. Pada tahun 1980, karena meningkatnya pendaftaran, asosiasi membeli 5.000 sqf fasilitas di Ocean Township, New Jersey. Ruang kantor ini dengan cepat sudah tidak mencukupi dan CFA kembali mencari lokasi baru untuk tempat operasinya.

 Pada bulan Juni 1988, di CFA Board Meeting (Rapat Dewan), dewan dengan suara bulat menyetujui sebuah rencana untuk membeli dan membangun gedung baru untuk tempat Kantor Pusat. Pembangunan dimulai pada tahun 1990, dan pada 1 Februari 1991 sembilan truk berisi meja, file dan peralatan dipindahkan ke fasilitas baru.

 Kantor Pusat Dunia, Alliance, Ohio

 Dengan keinginan untuk memotong biaya dan mencari lokasi yang lebih terpusat, pada Juli 2011, CFA memindahkan operasi Kantor Pusat sekali lagi. Kali ini, langkah itu untuk sebuah negara yang sama sekali baru: dari Manasquan, New Jersey ke rumah saat ini di Alliance, Ohio. Sebuah bekas gedung bank yang direnovasi CFA untuk memenuhi kebutuhan operasi global, bangunan rumah staf CFA di tingkat atas. Staf Kantor Pusat memproses anakan dan pendaftaran kucing, pengalihan kepemilikan, pendaftaran nama cattery, sertifikat silsilah/pedigree, konfirmasi gelar, penilaian pada show, dan fungsi terkait lainnya yang berhubungan dengan kucing pedigree dan show kucing.

 Lantai pertama bangunan ini terbuat dari granit 16.000 kaki persegi juga merupakan rumah dari The CFA Foundation Feline Historical Museum (Yayasan Museum Sejarah Kucing CFA). Misi dari CFA Foundation adalah untuk memperoleh dan melestarikan sejarah kucing dan menunjukkan perkembangan penyayang kucing melalui pengadaan seni rupa, artefak dan sastra. Isi dari bekas perpustakaan Jean Rose yang dulunya merupakan tempat kedudukan CFA di Manasquan, New Jersey, lokasinya telah diperluas untuk pameran, termasuk kerah perak yang disajikan kepada Cosey, Peraih Best in Show pada Nasional Show 1895, cat carrier (tempat membawa kucing) awal 1900-an dan benda antik lainnya yang berhubungan dengan kucing. Sebuah perpustakaan non-pinjaman di museum ini tersedia untuk individu atau peneliti yang tertarik dalam sejarah kucing. Perpustakaan memiliki kumpulan lengkap CFA Stud Book yang berisi pendaftaran awal asosiasi, CFA Yearbooks dari 1958, majalah serta lebih dari 700 buku tentang kucing.

 CFA Hari ini

 CFA telah berkembang selama bertahun-tahun dari awal yang sederhana, lisensi dua show sampai menjadi lisensi sekitar 400 show setiap musim, di seluruh dunia. Keanggotaan dalam CFA diberikan kepada klub yang telah melalui sebuah aplikasi dan proses pemilihan. Saat ini, CFA memiliki lebih dari 600 klub anggota. Penjurian Show CFA dilakukan oleh individu yang telah memenuhi kriteria kualifikasi yang tinggi dan telah menyelesaikan program pelatihan yang ketat yang memenuhi syarat juri untuk mengevaluasi cat show menggunakan Standar Breed CFA untuk masing-masing dari 42 jenis kucing. Sampai saat ini, pada CFA telah terdaftar lebih dari 2 juta kucing pedigree.

 Merefleksikan tujuan yang ditetapkan dalam Konstitusi CFA, asosiasi meneruskan misinya dengan:

 Meningkatkan kesejahteraan semua kucing melalui tindakan bertahap yaitu berkisar dari advokasi legislatif untuk mendukung penelitian kucing dan memberikan bantuan/panduan kepada peternak.

Mempertahankan fokus pada standar kualitas pengembangbiakan dan validitas pendaftaran dan pedigree.

Memberikan dukungan kepada klub anggotanya yang menjadi Ambassadors (Duta) untuk masyarakat umum

Meningkatkan minat peternak dan peserta pameran kucing pedigree.

 Di Indonesia sendiri saat ini sudah ada dua klub yang bernaung di bawah CFA yaitu CFSI (Cat Fancier Society of Indonesia) yang berdiri pada tahun 2005 dan IRF (Indonesian Royal Feline). yang berdiri tahun 2015. Show CFA yang diselenggarakan oleh CFSI pada tahun 2015 dan 2016 bertajuk Champ Of The Champ (COTC) sedangkan yang diselenggarakan oleh IRF bertajuk The Kingdom.

Dengan adanya kedua klub tersebut cat show CFA sekarang makin marak, dan diikuti oleh lebih dari 225 peserta setiap eventnya dengan mengundang sampai dengan 12 juri dan diikuti dari berbagai negara.

Semoga hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh para cat lover untuk meningkatkan kualitas kucing2nya dan tentunya meningkatkan nama Indonesia di dunia Internsional.

Categories: None

826027