MANGGALA Cattery

Manggala Cattery is CFA, FIFe/ICA and TICA registered

Cat Article

Apa sih manfaat memelihara kucing ?

Posted on March 26, 2013 at 11:15 AM

Apa sih manfaat memelihara kucing ? itu adalah pertanyaan yang sering dilontarkan beberapa sahabat saya. Mereka beranggapan kalau kucing adalah sumber penyakit, binatang malas, tidak patuh seperti anjing dan tidak menghasilkan telur atau susu (ayam/sapinya dipelihara di dalam rumah...? :D).


Bagi yang beragama Islam pasti sudah tahu kalau kucing adalah binatang kesayangan Nabi Muhammad SAW. Bahkan ada riwayat ketika kucing Nabi Muhammad SAW yang bernama Muezza tertidur di jubah yang sedang dipakainya, Nabi yang hendak keluar rumah lalu memotong bagian jubah kesayangannya yang ditiduri tersebut agar tidak membangunkan sang kucing. Bagaimana dengan anda ?

Nah sebetulnya apa sih manfaat memelihara kucing? 

Mungkin kita semua tidak menyadari banyak manfaat yang dapat diperolehi dengan memelihara dan menyayangi kucing. Berikut ini beberapa manfaat memelihara kucing untuk manusia :

1. Menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dan serangan jantung

Orang yang memiliki kucing, 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita serangan jantung fatal, menurut sebuah studi di University of Minnesota di AS.Peneliti Dr Adnan Qureshi mengatakan, membelai kucing moggies ternyata bisa menurunkan stres dan kecemasan pemiliknya, membuat mereka mampu menurunkan risiko pengembangan penyakit kardiovaskular. “Ini membuka jalan baru untuk perawatan, dan tidak seperti obat-obatan atau operasi, kepemilikan kucing tampaknya tidak memiliki risiko.

2. Meningkatkan fungsi sistem imun (Daya Tahan Penyakit)

Memelihara kucing dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh anda. Hubungan antara kucing dan pemilik kucing dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seorang pemilik kucing.

3. Mencegah Alergi

Jika anda akan memiliki bayi, mungkin anda patut mempertimbangkan untuk memelihara kucing . Memelihara kucing dapat membantu anda mencegah alergi pada anak anda. Ada beberapa penelitian terhadap bayi yang baru lahir yang hidup dengan hewan kesayangan dapat mencegah penyakit alergi berkembang.

4. Membantu mencegah asma pada anak

Selain membantu untuk mencegah alergi berkembang terhadap anak anda, ada beberapa bukti bahawa hidup dengan kucing juga dapat membantu mencegah asma pada anak-anak. Memiliki kucing pada usia dini dapat membantu mereka untuk mencegah resiko menghidap asma. Ini karena sentuhan antara anak anda dengan kucing dapat membantu mengatasi masalah pernafasan.

5. Mengurangkan Tekanan Darah

Dengan hanya membelai-belai kucing dapat membantu menurunkan tekanan darah. Mereka yang mempunyai hewan kesayangan, menurut penelitian State University of New York di Buffalo, lebih cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah daripada mereka yang tidak mempunyai hewan peliharaan.

6. Menurunkan Kolestrol

Berdasarkan penelitian, pemilik kucing memiliki kolestrol lebih rendah daripada mereka yang tidak memelihara kucing. Sebuah penelitian 2006 di Kanada menunjukkan bahwa memelihara kucing sebenarnya lebih bermanfaat dalam menurunkan kolestrol daripada meminum obat-obatan kimia.

7. Mengurangi resiko terkena Stroke

Prospek mempunyai stroke sangat menakutkan. Jika anda khawatir mengalami serangan stroke, anda dapat mempertimbangkan untuk memelihara kucing. Sebuah penelitian di University of Minnesota mendapati bahwa memelihara kucing dapat mengurangi risiko terkena stroke.

8. Mengurangi stress (tekanan perasaan) dan rasa cemas

Memelihara kucing dapat membantu mengurangi stress dalam hidup anda. Banyak manfaat psikologi jika kita memelihara kucing, dan salah satunya adalah menghilangkan stress. Dengan membelai binatang atau berbicara dengan kucing anda, dapat membantu anda merasa lebih tenang dan mengurangi stres. Bahkan di Amerika Serikat sendiri, kucing dipercaya mampu meningkatkan kesehatan pemiliknya dan mengajari anak-anak untuk menjadi lebih baik dan memiliki jiwa yang lembut dan fakta lainnya, hasil studi Universitas Missouri Amerika Serikat juga menyatakan bahwa bunyi kucing mendengkur dapat menurunkan tekanan darah dan cukup mengusir stress dari otak. Kehadiran seekor kucing bersama anda dapat membantu anda menenangkan diri anda karena anda menikmati cinta tanpa syarat dari seekor kucing.

9. Menjadikan mood anda dalam keadaan “cool”

Dalam banyak kasus, berinteraksi dengan hewan kesayangan dapat membantu memperbaiki mood anda. Ini termasuk kucing. memelihara kucing dapat membantu anda merasa lebih baik secara umum, dan meningkatkan mood anda.

10. Dapat membantu pasien Autis

Mereka yang mengidap penyakit autis mempunyai kesulitan berkomunikasi dalam cara yang sama seperti orang lain. memelihara kucing benar-benar dapat membantu dalam masalah ini. Ada peristiwa ketika kucing telah berperan serta dalam terapi untuk anak-anak autis.

11. Mengurangi Kesepian

Hubungan persahabatan antara manusia dan kucing dapat membantu mereka yang kesepian. Hanya dengan memiliki kucing di rumah dan menghabiskan waktu bersama, dapat membantu mengurangi rasa kesepian.


Sumber : dari berbagai sumber


Categories: None

826027